Jejak di Dunia Maya

Sejauh ini, saya harus menyimpan dan bila perlu menghafal beberapa kata kunci sejumlah akun di dunia maya. Pertama, tiga akun facebook beserta emailnya masing-masing. Kedua, tiga blog dan satu akun twitter. Ketiga, dua akun pada sebuah website penerbit tempat saya menerbitkan buku. Totalnya, saya harus bisa mengingat 13 kata kunci, sebab saya harus membuat email baru guna membuat akun twitter.

Menjelaskan semua akun-akun di atas, sungguhlah pekerjaan yang lebih menyesakkan dibanding mencangkul di kebun. Akan tetapi, pembuatannya bukanlah tanpa sebab. Maksud saya, kesemua akun di dunia maya itu benar-benar saya butuhkan. Mulai dari promosi karya hingga mencari uang.

Di blog kamar bawah ini misalnya, tulisan terbaru yang telah saya lahirkan, pertama kali akan saya promosikan di sini. Kecuali jika ada karya yang perlu dikirim ke media yang lain. Setelah dimuat ke media tujuan atau ditolak, maka karya itu akan saya tanam di blog ini agar bisa tumbuh dan menjumpai pembacanya.

Jadi, di situs pertemanan dunia, saya bisa dijumpai di sini, di twitter, Anda bisa ke sini. Selain blog ini, saya juga mengelola blog lembaga Lentera Management dan sebuah blog yang saya gunakan bila sedang mengikuti kontes blog.

Kira-kira seperti itulah jejak saya di dunia maya.


Komentar

Postingan Populer