Ijtihad Intelektual Garis Miring


Soekarno

Di meja makanmu tersaji tiga menu, kau memakan semuanya, kau bahkan mampu menghafal resep ketiga menu itu, yang lebih fantastis lagi, kau pernah meracik ketiga resep itu menjadi satu resep. Hasilnya, lahirlah Nasakom (Nasionalisme, Agama, dan Komunis).

Kau seorang koki yang andal, tuan! Tentunya, kau perlu menjaga arti sebuah selera agar pelangganmu tidak beralih ke warung lain atau malah membangun warung sendiri. Hanya saja, racikanmu itu tak bertahan lama, mungkin di luar perkiraanmu. Lidah pelangganmu tak terbiasa mengunyah jenis makanan terbaru apalagi itu berupa resep campur aduk.

Tetapi, tahukah kau sang Proklamator! Penolakan atas idemu itu harus dibayar mahal.

Nasionalisme kehilangan bentuk, terasa hambar, dan menyakitkan. Apa kau tahu di mana sakit itu menghantam? Saya yakin, kau bisa menerkanya, karena kau menolak penambangan tanah ibu pertiwi oleh pihak luar. Di eramu, penanaman modal asing (PMA) itu musuh yang harus diganyang, karena kau ingin anak-anak yang lahir dari rahim negeri inilah sebagai pewaris sah zamrud khatulistiwa ini.

Tuan Soekarno!

Kebernasan idemu tak perpahami, padahal kau sengaja memilih garis miring, bukan vertikal atau horizontal.

Lihatlah kini, agama di negeri yang telah kau proklamirkan sibuk saling mengharamkan, bahkan membunuh. Padahal idemu sangat sederhana. Kau hanya ingin berkata: “Kewajiban sebuah negara, adalah melindungi warga dari ancaman penistaan kemanusiaan.” Termasuk prilaku orang-orang yang menyusun agenda kekerasan di balik tembok rumah-rumah ibadah. Karena agama yang kau teladani adalah paham kebijaksanaan.

Bapak Bangsa!

Garis miring yang kau goreskan adalah sebuah tanda. Ya, tanda atas negara yang ditopang oleh keberagaman paham dan keunikan sosial. Sungguh merupakan manifestasi pluralisme.

Saya kira kau mafhum akan keabadian sebuah paham. Sehingga, penyatuan ketiga resep itu hanya sebuah strategi, agar kelak anak-anak di negeri ini dapat tidur bersama dan menyantap makanan secara berkecukupan dengan seleranya masing-masing.

***
Makassar, 29 Oktober 2012



Komentar

Postingan Populer